Sabtu, 15 Februari 2014

TUGAS EKOP 11 "PERSAINGAN KOPERASI"


Koperasi merupakan kegiatan dibidang ekonomi. Kegiatan ekonomi dalam koperasi yang membuat koperasi berhubungan dengan pasar. Pasar selalu dihadapkan dengan berbagai pesaing. Maka dari itu koperasi pun mempunyai para pesaing  – pesaing.

Pesaing – pesaing tersebut diantaranya  merupakan badan usaha koperasi maupun non-koperasi yaitu pasar persaingan sempurna, pasar monopoli dan pasar monopolistik.

Koperasi yang menjual produknya ke pasar persaingan sempurna hanya dapat mengikuti harga pasar. Pada dasarnya persaingan harga tidak cocok diterapkan oleh koperasi di pasar persaingan sempurna. Koperasi tidak akan mampu bersaing dalam hal biaya untuk mendapatkan keuntungan yang besar karena memang tujuan utama koperasi bukanlah  mencari keuntungan.

Kekuatan koperasi dalam mementukan harga produknya dapat terjadi apabila produknya mengarah pada bentuk pasar monopoli. Artinya produk yang dijual oleh koperasi dalam pasar ini tidaklah homogen tetapi masing – masing memiliki daya substitusi satu sama lain dan juga harus mampu menghasilkan produk yang berbeda dengan perusahaan lainnya.

By
sherlyarianti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar