Sabtu, 15 Februari 2014

TUGAS 12 EKOP "PERKEMBANGAN KOPERASI DI INDONESIA"


Perkembangan koperasi di Indonesia terus berkembang. Perkembangan tersebut ditandai dengan majunya pertumbuhan koperasi di Indonesia. Sebelumnya kita perlu mengetahui sejarah awal terbentuknya koperasi. Sampai dengan bulan November 2001, jumlah koperasi di Indonesia tercatat sebanyak 103.000 unit lebih, dengan jumlah anggotanya sebanyak 26.000.000 juta orang.

Secara garis besar sejarah koperasi di Indonesia dibagi dalam dua masa. Yaitu masa penjajahan dan masa kemerdekaan. Di jaman penjajahan rakyat Indonesia sangat menderita  karena hal tersebut pada tahun 1896 patih purwokerto yang bernama R.Aria Wiriatmadja mendirikan koperasi kredit untuk membantu rakyat yang terlilit hutang. Dan selanjutnya diteruskan oleh beberapa tokoh lainnya hingga masa kemerdekaan dan sekarang.

Corak koperasi Indonesia adalah  koperasi dengan skala kecil. Satu catatan yang perlu diingat reformasi yang ditandai dengan pencabutan inpres 4/1984 tentang KUD telah melahirkan gairah masyarakat untuk mengorganisasikan kegiatan ekonomi melalu koperasi.

Peran swasta telah menjadi tantangan baru bagi lahirnya pesaing – pesaing usaha terutama KUD.  Posisi koperasi Indonesia pada dasarnya justru didominasi oleh koperasi kredit. Potensi koperasi saat ini telah mampu untuk memulai gerakan koperasi yang otonom, namun fokus bisnis koperasi harus diarahkan pada ciri universalitas kebutuhan yang tinggi seperti jasa keuangan serta infrastruktur.

Intinya koperasi merupakan lembaga ekonomi yang cocok diterapkan di Indonesia. Karena sifat masyarakatnya yang kekeluargaan dan kegotongroyongan yang dipraktekan oleh nenek moyang bangsa Indonesia. 

By
sherlyarianti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar